Selasa, 02 April 2013

Piramida meksiko peninggalan bangsa Maya kuno

FAKTA UNIK - Piramida Meksiko Peninggalan Bangsa Maya Kuno

Yucatan - Keberadaan sebuah piramida tak pernah diabaikan oleh wisatawan. Tidak cuma ada di Mesir atau belahan dunia lain yang punya piramida, Meksiko juga punya piramida. Apalagi, piramida termasuk dalam peninggalan suku Maya.
Berada di tengah situs suku Maya Kuno, Yucatan, Meksiko, Piramida Kukulcan menjadi pesona bagi siapa saja yang melihatnya. Mengutip situs Trip Ideas, Rabu (12/9/2012), bangunan peninggalan suku Maya ini memiliki 9 undakan, 52 panel yang menjadi perhitungan tahun suku Maya, dan 365 anak tangga yang menandakan jumlah hari selama setahun.
Desain unik pada piramida ini pun menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Chichen Itza, Meksiko. Dalam lokasi bersejarah ini, juga tersebar legenda kalau piramida ini dibuat untuk menghormati Kukulcan. Kukulcan merupakan seorang dewa berbulu ular. Piramida ini sudah ada sejak 1.000 tahun silam.
Karena piramida ini dibangun untuk dewa yang berbulu ular maka di tangga sebelah utaranya terdapat kepala ular. Sekilas, memang tidak ada yang aneh dengan kepala ular ini. Tapi, bila matahari sudah berada di puncak piramida jangan biarkan mata Anda ketinggalan dari momen ini.
Ya, bayangan sisi kiri dan kanan tangga ini terlihat seperti tubuh ular yang sedang meluncur kebagian bawah piramida. Apalagi patung dua kepala ular raksasa ini memang berada di bagian bawah tangga.
Selain panorama alam sekitar piramida yang cantik, ternyata di dalam piramida ini tersimpan piramida lainnya yang jauh lebih tua. Untuk masuk ke dalam piramida ini wisatawan harus melewati sebuah pintu kecil yang mengarah ke Chac Mool, salah satu sosok Suku Maya yang terbaring di atas sebuah tahta.
Banyak spot menarik yang bisa traveler temukan di sekitar piramida Kukulcan. Salah satu yang menarik ialah bagian atas Piramida Kukulcan. Namun, bila Anda ingin merasakan kepuasan saat mengelilingi bangunan ini cobalah datang pagi hari pukul 08.30 waktu setempat. Karena lewat dari jam itu, lokasi ini sudah pasti akan dipenuhi oleh pelancong.
Saat keadaan masih sepi, suasana akan terlihat lebih tenang dan nyaman. Anda bisa mendaki ke puncak dan melihat seluruh situs ini. Pepohonan hijau yang berada di sekitarnya, menjadikan piramida ini seolah tenggelam di "lautan" yang berwarna hijau.
Masih satu lokasi dengan Piramida Kukulcan, juga terdapat Kuil Warriors. keberadaan kuil ini juga tak luput dari perhatian wisatawan. Puluhan pilar batu yang diukir menjadi pengawal yang menghiasi sekeliling kuil.
Dahulu, lokasi ini masih boleh dimasuki oleh wisatawan. Namun, kini pelancong tak bisa masuk ke dalamnya. Jadi, satu-satunya cara untuk melihat isi kuil ini adalah dengan naik ke atas Piramida Kukulcan.
Untuk menuju lokasi ini, wisatawan bisa menggunakan bus atau mobil sewaan. Setiap harinya, banyak wistawan yang mengunjungi Chichen Itza. Mau lebih seru lagi ada baiknya bila Anda menikmati piramida ini saat pagi ataupun sore hari.//detikTravel

0 komentar:

Posting Komentar